SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI "IA audio"

Photography Ring Flash


Photography Ring Flash adalah sebuah lampu flash berbentuk lingkaran atau bertujuan untuk menghasilkan sumber cahaya tiruan berbentuk melingkar. Ring Flash digunakan untuk menghilangkan atau meminimalisasi bayangan (shadow) pada subject foto. Banyak cara yang digunakan untuk membangun efek ring flash silahkan di google saja.

Tertarik dengan tantangannya (harga yang mahal) saya mencoba membangun sebuah ring flash dari 8 buah flash mur-mer (murah meriah non power adjusted flash) yang akan saya kendalikan powernya lalu di-trigger bersamaan, berikut power pack-nya, spesifikasi nya adalah sebagai berikut :
1. Adjustable power 1,1/2 s/d 1/8 steples
2. Lead Acid battery power pack
3. LCD interface for battery & Flash Power monitor

bahan-bahan


desain awal tanpa LCD

desain akhir panel kontrol sekaligus battery pack dengan LCD
silahkan lihat skema berikut:

Skema rangkaian tidak berbeda jauh dengan rangkaian pada artikel DIY flash, sebab cara kerjanya sama, hanya dihubungkan parallel 8 buah lampu flash yang agak sedikit berbeda  (bila diinginkan adalah daya dari main capacitor yang akan terdistribusi ke 8 buah flash).
Pada microcontroller ATMega 8 ada 3 buah pin ADC yang digunakan untuk memonitor tegangan analog antara lain pin PC0 (ADC0) untuk membaca setting power yang diperoleh dari pembagi tegangan dari sebuah potensiometer dan supply 5 volt, lalu pin PC4 (ADC4) digunakan untuk memonitor tegangan tinggi yang dibangkitkan. Tegangan ini juga dikendalikan untuk pengaturan power, selanjutnya pin PC5(ADC5) digunakan untuk memonitor tegangan battery. Sebuah rangkaian opto digunakan sebagai koneksi ke shoe kamera dan menjamin isolasi optis, alias tidak ada electric connection ke body camera.
Pin PB1 mengeluarkan sinyal PWM yang digunakan untuk men-drive pembangkit tegangan yang juga dikompensasi dari bacaan ADC dari pin PC4 yang dibandingkan dengan setting power pin PC0. Pengaturan lebar pulsa PWM menentukan level tengangan yang dihasilkan. Level tegangan pada main capacitor menentukan daya yang di simpan yang nantinya akan dilepaskan ke xenon tube. Trafo yang digunakan berinti ferit (karena frekwensi PWM cukup tinggi) akan tetapi gulungan tidak terlalu kritis selama perbandingan gulungannya seusai dengan tegangan input 12 Volt dan output hingga 350 Volt.

camera mount


unit + battery pack


first test

semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar dengan sehat.

Flag Counter